Apa itu Insecure? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Insecure



Halo, sahabat Bengkel Bunda

Apa kabar? 

Semoga selalu baik, ya! 


Apakah sahabat pernah merasa insecure? Merasa tidak percaya diri? Takut melakukan sesuatu hal? 


Hmm, sebenarnya perasaan insecure itu wajar. Adakalanya sebagai manusia yang tidak sempurna kita merasa takut ataupun minder. Namun, tentu saja jangan sampai perasaan insecure ini dibiarkan berlarut-larut. Jangan sampai perasaan ini menenggelamkan jati diri kita. 


Yuk, cari tahu apa sih penyebab kita merasa insecure. Dengan mengetahui penyebabnya, kita akan tahu bagaimana cara mengatasinya. 


Apa itu Insecure


Insecure adalah perasaan tidak percaya diri, malu, takut, gelisah dan tidak aman yang disebabkan oleh rendahnya penilaian terhadap diri sendiri.


Perasaan insecure muncul karena rendahnya penilaian terhadap diri sendiri. Jika dibiarkan, perasaan ini bisa berkembang menjadi bentuk penyakit hati, di antaranya dengki, iri, kecewa, sombong, dan perasaan negatif lainnya. Insecure juga dapat diartikan sebagai perasaan kurang percaya diri hingga cemburu. Orang yang insecure sering menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya hingga memamerkan kelebihannya. 


Meski wajar, perasaan insecure ini tidak boleh dibiarkan. Sebab, pada tahap yang akut, insecure bisa mempengaruhi kesehatan mental. 


Penyebab Insecure


Tentu saja perasaan insecure tidak muncul begitu saja. Pasti ada sebab mengapa merasa tidak percaya diri dan minder. 


Berikut adalah penyebab timbulnya perasaan insecure. 


Persepsi atau standar yang diikuti


Perasaan insecure muncul dari persepsi diri sendiri. Diri sendiri menganggap bahwa dirinya brendah. Tidak menghargai diri sendiri. 


Baca Juga : Krisis Identitas dan Cara Mengatasinya


Selain itu, juga karena standar yang diikuti. Jika standar yang diikuti terlalu jauh dan sulit digapai, maka akan semakin rendah diri. Semakin merasa jauh dari standar. 


Luka batin atau trauma


Berbagai peristiwa masa lalu yang menimbulkan luka batin juga bisa menjadi sebab munculnya insecure. Bahkan, perceraian pun bisa jadi sebab munculnya perasaan insecure. 


Jika pernah ditolak atau ditinggalkan oleh orang yang disayang, akan muncul perasaan tidak berharga. Merasa tidak cukup baik untuk orang lain. Munculnya insecure. 


Penyebab insecure



Lingkungan yang tidak sehat


Lingkungan itu penting, lho. Pilih-pilih lingkungan pergaulan wajib hukumnya. Sebab, jika berada di lingkungan yang tidak sehat, akan memunculkan perasaan insecure. 


Jika kita berada di lingkungan yang tidak mendukung, tidak menghargai, bahkan tidak menganggap kehadiran kita, ini memicu munculnya insecure. 


Lingkungan seperti ini akan membuat kita merasa rendah diri. Merasa kurang dengan apa yang dimiliki. 


Pop culture


Pop culture atau budaya pop juga bisa memunculkan perasaan insecure. Bila tidak mengikuti perkembangan budaya pop yang sedang berlangsung, merasa minder. Merasa berbeda dengan orang kebanyakan. 


Cara Mengatasi Insecure


Jangan biarkan perasaan insecure menguasai diri kita. Cari cara agar kita bisa bebas dari perasaan insecure ini. Agar kita bisa produktif dengan potensi yang dimiliki. 


Berikut beberapa cara mengatasi insecure. 


Fokus pada diri sendiri


Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi insecure adalah fokus pada diri sendiri. Sibuklah untuk mengenal potensi yang ada pada diri. 


Baca Juga : Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Pada Ibu


Percayalah pada potensi yang ada pada diri. Jangan melihat apa yang ada di orang lain. Ini akan membuat kita bebas dari perasaan insecure. 


Jangan membandingkan diri dengan orang


Berhenti membandingkan diri dengan orang. Kesuksesan mereka tentu tidak seindah yang dilihat. Semua pasti punya proses. 


Begitu juga dengan diri kita. Stop membandingkan apa yang kita miliki dengan milik orang lain. Semua punya cara suksesnya masing-masing. 


Dengan begitu, kita tidak akan minder. Bebas dari perasaan. 


Cari lingkungan yang suportif


Salah satu penyebab munculnya insecure adalah lingkungan yang tidak sehat, atau lingkungan toxic. Jadi, supaya bebas dari perasaan insecure, carilah lingkungan yang suportif. 


Lingkungan yang selalu mendukung kita untuk terus berkembang. Menghargai kita dan selalu diselimuti positive vibes


Temukan kelebihan


Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Temukan kelebihan diri, fokuslah pada itu. Kembangkan kelebihan yang dimiliki. 


Baca Juga : Cara Mengasah Potensi Diri dan Manfaatnya Bagi Kehidupan


Fokus  pada kelebihan, siasati kelemahan. Dijamin bebas dari insecure. 


Selalu bersyukur


Jangan lupa untuk selalu bersyukur. Mensyukuri setiap yang ada pada diri sendiri bisa membuat kita semakin mencintai diri. 


Baca Juga : Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


Kalau kita punya self love, pasti tak akan insecure. Yuk, selalu bersyukur setiap saat. 


Penutup


Insecure adalah perasaan tidak percaya pada diri sendiri. Perasaan yang sebenarnya wajar pada tahap tertentu. Namun, tentu harus segera disiasati. Jangan sampai perasaan insecure mendominasi hidup kita. Ketahui penyebab insecure, agar tahu bagaimana cara mengatasinya. 


Semoga artikel ini bisa membantu sahabat Bengkel Bunda untuk bebas dari perasaan insecure. 


Stop insecure sekarang juga! 

No comments